Minggu, 04 Mei 2014

PRESSLIST 5 yuhuuuu!

Diposting oleh spicalasavita▲ pada 5/04/2014 02:43:00 AM
Hai minna! kali ini Sachi baru sempet ngeblog neh, lantaran sachi barusajaa menyelesaikan tugas suci dari Madyapadma; Presslist. Jadi, Presslist itu acara besar berskala nasional yang dibuat Madyapadma Trisma. Dalam presslist ini, dilombakan banyak bidang terkait kegiatan jurnalistik baik tingkat SMP, SMA, hingga Umum se-nasional. 
Presslist 5!
Ceritanya Joged :v
Tahun-tahun sebelumnya, presslist cuma diadakan sehari saja. Tapi tahun ini Madyapadma membuat gebrakan baru dengan sistem kebut kilat dan apapun itu namanya untuk memajukan jadwal presslist dari bulan Agustus ke awal bulan Mei, dan berlangsung selama 2 hari yaitu dimulai dari tanggal 2 - 3 Mei 2014, bertepatan dengan Hardiknas. Naaah, banyak banget cerita dari Presslist tahun ini yang sudah menginjak usia kelima neeehh. Salut banget. Kerja keras kita dibayar lunas dengan hasil yang memuaskan sampai acara selesai. Fyuuuh~~~ Lega banget!

Mulai dari awal nih ya, sejak akhir Maret lalu, semua anggota Madyapadma mengadakan rapat untuk kerja Presslist 5. dan Sachi kebagian tugas bidang publikasi. Rekan-rekan Sachi ada Yunik, Dyah, Aries, dan Indra. Lalu kakak pengurus yang membimbing, Kak Ami, Kak Widya, dan Kak Dayu Ari. Nah, tugas publikasi ini tak lain dan tak bukan adalaaahhh~~ membuat berita-berita mengenai Presslist baik sejak persiapan, kejutan-kejutan, keunikan, hingga keseluruhan acara Presslist harus diberitakan. Dan itu.. sering banget :)

Malah ditontonin, wkakakk
Makin deket hari-hari puncak presslist, tugas anak-anak publikasi nambah men~ entah nyebarin surat media, bikin berita kilat, konfirmasi media, belum lagi masalah-masalah yang datang. Entah banyak yang cepet tersinggung padahal bawaannya bercanda, nyebarin surat media ditengah hujan deras banget sambil ngeracink bersama jas hujan yang terbang-terbang gajelas gitu, meguyang kayak gembel di mptv saking stressnya gadapet ide berita, sana-sini berantakan, printer ngadet, kertas kurang, laptop berjejeraan kayak pindang, orang-orang ngantuk dimana-mana dan tertidur sembarangan gitu, nonton film rame-rame dalam satu laptop, dll.. Yah intinya melelahkan mental fisik, tapi gak keliatan dari luar. Cuma bisa dirasakan dalam raga :') 

Lagi sibuk wawancara :|
Terus.. karena Sachi dan teman-teman lebih sering wawancara orang dan untuk dijadikan berita & sibuk ngurusin media (sebenarnya lebih sibuk Yunik sih), Sachi & Tim Publikasi jadi terasa renggang sama temen-temen yang lain. Contohnya aja, ga sempet bantu-bantu ngisi ruangan workshop sampai jadi keren. Memang sih itu kerjaannya anak dekor, tapi kan seru aja bisa berkecimpung.. 

Dokumentasi ceritanya~
Dan, waktu kita buat bercengkrama sama temen itu lebih berkurang karena sebagian besar waktu tim publikasi dipakai di ruang MP buat bikin berita. Dan perlu diketahui, bikin beberapa berita dalam satu hari itu bikin puyeng. Apalagi kalau gak konsen. Haduu~ bisa-bisa hasilnya gak karuan dan muter-muter. Jadi, apaboleh buat lah, resiko dari tugas ya harus dipertanggungjawabkan.. Lagipula kalau tidak ada kami, Presslist 5 ga bakal tersiar atau tersebar ke berbagai koran harian dan siaran Bali TV muhuhahahah :v

Kalo yang inisih wawancara iseng :b
Selain tidak mengetahui terlalu detail mengenai seperti apasaja keadaan Madyapadma saat Presslist, Sachi juga merasa bahwa saat Presslist berlangsung, Sachi tidak berkontribusi banyak untuk Presslist.. Ga kaya temen-temen lain yang berbaur, wara-wiri, mondar-mandir sibuk gitu. Sachi memang sih sempat wawancara orang, tapi sachi merasa 'sendiri' dan kurang dapet 'feel' acara Presslist tahun ini. Entah kenapa, apa karena Sachi yang apatis atau tidak punya perasaan yang normal, sampai acara Presslist selesai, sachi merasa semua sama saja. Flat. Diri sachi. bukan presslist nya loh. 
Prana lagi kumat jailnya
Kalau untuk acara presslist tahun ini diadakan sampai 2 hari penuh sampai malam dan.. benar-benar luaaaarrrrr biasaaaa, kereeen, gauull, pokoknya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata saking banyaknya. Jadi gatau mau ngomong apa lagiii :b

Ini nih yang nerbitin buku :b
Ada peluncuran Kantor Berita Radio Feature yang proses pembuatannya sampai jungkir balik, Lomba-lomba berbagai bidang jurnalistik tingkat SMP se nasional seperti kording, majalah, kreatifitas barang bekas, pelatihan & lomba fotografi & karikatur, Bioskop Trisma (BISMA), lalu di hari kedua ada peluncuran buku kumpulan Karikatur dari kak govin & dwik yang judulnya "Beli Kami!" wkwk sumpah gambar-gambarnya keren-keren bangeet!! lomba blog, film dokumenter & fiksi, dan acara lainnya. Banyak banget dan seru abis!  
Sachi sama Indra lagi baca nominasi :v
Tapi Sachi ngerasa sachi yang gak berbuat apa-apa. Cuma nulis berita aja. Gitu sih sachi mikirin diri sendiri.. Belum lagi tugas-tugas berita saat H-1 sampai hari ini yang super kilat seluruhnya. Sekalian layout, print, dll. Fyuh. Pulang malem pun biasa bagi anak Madyapadma.. Maklum, tugas-tugasnya dikerjakan pake sistem kebut semalam sih.. Ya gimana mau cepet pulang ya :')

Sampai acara ditutup pun, pas sesi foto-foto narsis, Sachi ga dibutuhin buat fotoan bareng temen. Karena gapernah kelihatan kali ya? Apa karena males fotoan sama orang cupu kaya Sachi? wkwk :') akhirnya sachi fotoan cuma bareng temen-temen seangkatan dan seluruh angkatan Madyapadma yang hadir. Selebihnya, sachi menyendiri. Gaada yang butuh sih.

Akhirnya sachi pindah ke markas (baca: bawah ac, ruangan prajna paramitha) untuk bikin berita-berita lagi (untuk media-media & online) dan ngumpul-ngumpulin foto-foto publikasi sekaligus foto-foto narsis yang ada.. pfft.. miris banget sih, Sachi nyimpen foto-foto yang gaada sachi nya.. ahaha.. yasudahlah~

Banyak keseruan yang Sachi amati. Tapi bukan Sachi yang merasakan. Sachi takut, waktu sachi ingin ikut dalam keseruan mereka, nanti malah jadi garing dan aneh. Jadi yah, cukup sachi mengamati saja. Semoga, dalam presslist 6 tahun depan, angkatan sachi bisa membuat acara presslist lebih banyak lagi berinovasi, lebih keren, lebih baik daripada yang sebelum-sebelumnya. Astungkara!

Sampai Jumpa di Presslist 6!



 

 





NB: Thanks a Lot to Tuhan YME, Madyapadma Journalistic Park, Kak Ananta Wijaya, Pak Janu Wiradi, MP 37 & kakak-kakak pengurus MP 36, kakak-kakak MP seluruh angkatan, dan seluruh pihak yang membantu menyukseskan acara ini. Thank you so much! #Presslist5: Muda, Cerdas, Berjiwa Lingkungan!

0 komentar:

Posting Komentar

Sachi Goes To Your Inbox!

 

SPICALASAVITA オタク little fangirl | SACHIKO